Ke Candi Ratu Boko Lihat Sunset

Posted on

Ke Candi Ratu Boko Lihat Sunset. Yogyakarta memang terkenal icon wisata cando-candinya selain candi borobudur kalian juga bisa berkunjung ke candi ratu boko yang sekarang lagi banyak di bicarakan banyak orang karena di buat untuk shooting film AADC. Dan yang paling banyak di buru adalah sunset yang ada di sana. Sebagai informasi Candi Ratu Boko adalah sebuah situs arkeologi yang berbeda dengan lainya. Orang-orang mengira bahwa Candi Ratu Boko adalah sebuah candi seperti pada umumnya namun sebenarnya candi ini adalah sebuah bekas istana peninggalan ratu boko.

candi ratu boko
candi ratu boko

 

Candi Ratu Boko adalah tempat yang paling bagus untuk melihat sunset, banyak wisatawan yang menunggu momen itu saat berada disana. Dari lokasi wisata Candi Ratu Boko kalian bisa melihat pemandangan sebagian dari kota Jogja.

Baca juga : Sindu Kusuma EduPark Jogja Keren Banget

Intip Destinasi Wisata Jogja untuk Pecinta Alam

 

Indahnya sunset di candi ratu boko
Indahnya sunset di candi ratu boko

Berdasarkan struktur bangunan dan prasasti yang ditemukan, kompleks Ratu Boko awalnya adalah sebuah wihara untuk pendeta Buddha yang bernama Abhayagiri. Selanjutnya pada tahun 856 M, kompleks tersebut difungsikan sebagai kraton oleh Rakai Walaing Pu Khumbayoni yang beragama Hindu. Oleh karena itu tidak mengherankan bila unsur agama Hindu dan Buddha tampak bercampur di bangunan ini.

Wisata Lainya:   Hiburan Seni Malam Hari di Solo
Istana Candi Ratu Boko Yogyakarta
Istana Candi Ratu Boko Yogyakarta

Candi Ratu Boko Map

Wisata Istana Candi Ratu Boko terletak di Bukit Boko, 19 kilometer ke arah timur dari Kota Yogyakarta (menuju ke arah Wonosari) dan 2 kilometer dari Candi Prambanan ke arah selatan.

Situs Ratu Boko berjarak sekitar 3 kilometer dari Candi Prambanan. Dengan membayar karcis terusan Rp  30.000, pengunjung bisa naik bus yang disediakan oleh pengelola Candi Prambanan untuk pergi ke kawasan Candi Ratu Boko.

Berdasarkan letaknya, bangunan di kompleks Ratu Boko dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu kelompok barat, tenggara, dan timur. Bangunan tersebut terletak pada teras-teras yang dibuat pada punggung hingga puncak bukit, dengan halaman paling depan terletak di sebelah barat, terdiri atas tiga teras.

Untuk mancapai Istana ratu Boko tidaklah sulit, apabila Petualang memulai dari arah Solo atau Klaten pastikan untuk sampai di candi Prambanan, lalu ke barat menuju pasar Prambanan. Setelah itu Petualang bergerak menuju selatan ke arah Piyungan. Sekitar 5 menit perjalanan, lihat penunjuk arah parkir candi Boko.  Untuk yang melewati jogja bisa menuju arah timur dahulu ke arah Prambanan lalu sebelum sampai candi prambanan (pertigaan pasar Prambanan) silakan untuk belok kanan menuju piyungan. Kalau petualang hafal jalan jogja bisa juga langsung menerobos melewati Berbah.

Wisata Lainya:   Intip Destinasi Wisata Jogja untuk Pecinta Alam
Sunset di istana candi ratu boko
Sunset di istana candi ratu boko

Untuk tiket ke istana ratu Boko cukup murah, tiap orang hanya membayar sebesar Rp. 25.000,- (dewasa), dan anak-anak Rp. 10.000,- belum temasuk parkir. Setelah membeli tiket petualang bisa masuk dengan tenang, belum beberapa langkah ke arah istana. Disajikan beberapa rusa cantik yang berada di sisi kanan jalan. Juga taman yang rindang untuk duduk sejenak. Lalu melewati gapuro istana yang berjumlah dua. Di tempat inilah yang menjadi tempat yang terbaik  untuk berfoto mengabadikan bersama keluarga atau kawan.  Disebelah kiri terdapat bangunan seperti balok, menurut situs sejarah candi Boko tempat itu merupakan tempat pembakaran. Candi itu berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 26 meter x 26 meter dan memiliki 2 teras. Sesuai namanya, candi itu digunakan untuk tempat pembakaran jenasah. Selain kedua candi itu, sebuah batu berumpak dan kolam yang berada di sisi timur Candi pembakaran, sekitar 10 meter dari Candi Pembakaran.