Indahnya Tempat Wisata Gunung Batur Bali Yang Memukau

Obyek wisata gunung batur adalah salah satu wisata yang menjadi andalan yang ada di Kab. Bangli, sejarah gunung batur bali, dari kisah yang di tulis dalam lontar Susana Bali, Gunung Batur adalah puncak Gunung Mahameru yang di pindah oleh Batara Pasupati untuk di jadikan Sthana Betari Danuh/ Istana Dewi Danu. Pada waktu waktu tertentu para pemeluk Hindu yang ada disana berkumpul di Gunung Batur untuk  melakukan upacara suwinih, yaitu upacara untuk mengusir bencana dan hama tanaman yang merusak lading petani. Di harapkan dengan upacara suwinih ini daerah sekitar Gunung Batur menjadi aman dari bencana dan rakyatnya sejahtera.

gunung batur bali beklimmen

Gunung batur juga sangat lekat dengan wisata budaya, salah satu yang menjadi banyak tujuan wisatawan adalah Trunyan. Ada yang unik di sini, yaitu mereka meletakan mayat manusia di bawah pohon itu dan itu tidak menimbulkan bau busuk sama sekali. Masyarakat Hindu Trunyan beranggapan bahwa agama hindu yang ada di trunyan ini adalah Hindu yang asli dari warisan Majapahit. Dan di bagian utara Trunyan ada kuban, atau tempat makam Desa. Dan di situlah tadi mayat tidak di kubur maupun di bakar namun hanya di letakan di bawah pohon saja.

Wisata Lainya:   Yuk Main Ke Pantai Melasti Tabanan Bali

gunung batur bali sunrise

Ketinggian gunung batur bali

Berada di sebelah barat laut dari Gunung Agung, Gunung Batur punya kaldera dengan ukuran 13,8 x 10 km ini merupakan salah satu kaldera terbesar yang ada di Dunia. Pematan kaldera gunung batur kira-kira adalah 1267m-2152 m. Gunung Batur merupakan gunung berapi yang masih aktif , ketinggian gunung batur bali adalah 1.717 m.

gunung batur kintamani bali gunung dan danau batur bali

Obyek wisata Gunung Batur yang menjadi andalan adalah kawah, kaldera dan danau batur. Danau ini terbentuk dari sumber air dari dalam tanah yang mengalir seperti sungau sehingga terbentuklah Danau Batur, Mata air yang seperti ini orang bali menamakanya tirta suci.

keindahan gunung batur bali

Mendaki gunung batur balijalur pendakian gunung batur bali

Untuk mendaki Gunung Batur Bali  kalian harus berjalan menuju Kaki Gunung yang berada di daerah Kintamani, Perjalanan di mulai dari Kuta, Sanur, Nusa Dua, Denpasar, Legian bisa di tempuh dengan waktu 2 jam, start pendakian berada di Pura Toya Bungkah Kintamani. Pendakian bisa di mulai setelah kalian lapor pada pos pendakian. Pendakian gunung batur memerlukan waktu  2 jam, selama pendakian anda di suguhi dengan langit merah yang indah dan itu adalah pertanda sun rise yang indah sekali. Juga anda akan dapat melihat gunung agung dan puncak gunung rinjani.  Setelah anda sampai di puncak gunung kalian dapat melihat Danau batur, kawah batur, gunung agung, gunung panulisan dan bukit- bukit yang indah. Di atas kalian bisa masak telur dengan air panas yang ada di puncak.

Wisata Lainya:   Piknik Asik di Pantai Lovina Singaraja Bali

Sun rise gunung batur bali tempat wisata gunung batur bali Wisata Gunung Batur Bali

Silahkan di like dan Share!