Harga Tiket Masuk Tawangmangu

harga tiket masuk obyek wisata tawangmangu

Tiket Masuk Tawangmangu- Sudah kita ketahui bahwa objek wisata tawangmangu sangat menarik untuk para pecinta wisata alam, dan mungkin bagi yang penasaran berapa harga tiket masuk tawangmangu, silahkan baca lebih lanjut artikel ini.

Perlu anda tahu bahwa sebelum masuk ke obyek wisata grojokan sewu kita akan memasuki dulu kawasan wisata tawangmangu (desa tawangmangu). Nah untuk memasuki area itu kita akan di pungut biaya masuk, dahulu kalau tidak salah satu mobil isi 5 orang bayar 15 ribu rupiah. Namun sekarang biaya masuk ke area wisata tawangmangu gratis sudah tidak bayar lagi, saya sendiri baru saja dari sana kurang lebih satu bulan yang lalu sebelum artikel ini saya buat. Jadi sekarang free masuk area wisata tawangmangu. Namun untuk masuk ke obyek wisata grojokan sewu kita harus masih tetap membayar tiket masuk.

Nah tiket masuk tawangmangu (grojokan sewu) hanya Rp10.000 untuk satu orang, murah kan?. Nah dengan hanya 10 ribu anda bisa menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa di sana.

 

Objek Wisata Keraton Surakarta

Keraton Surakarta Hadiningrat

Dan masih di solo kawan, ini malam minggu tapi lagi males keluar jadi nulis aja di website ini.  Kita akan membahas tentang object wisata keraton surakarta atau Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningkrat. 

Perlu kalian ketahui jika kalian akan berwisata ke keraton surakarta di sana ada 2 pintu masuk keraton yaitu di utara dan di selatan. Dan yang paling enak masuk dari pintu utarakita akan langsung di sambut gapura besar gapuran itu dekat dengan Jl. Slamet Riyadi kemudian akan berputar melewati alun alun utara, di alun alun utara kalian akan melihat ada 2 beringin kembar yang berada di tengah tengahnya. Dan di sisi kirinya akan melihat tembok yang tinggi seperti benteng yang bernama Baluwarti itu adalan benteng keraton temboknya sudah tua jadi agak seperti keropos-keropos gitu.

Setelah kalian melewati jalan supit urang di sebelah timur, kalian akan di sambut oleh gerbang utama keraton yang di sebut dengan Kori Branjanala Lor, dan setelah itu kalian akan melihat betapa megah dan gagahnya Keraton Surakarta. Tempat parkir, bisa langsung di depan halaman keraton, tapi sayangnya pintu dan loket masuk keraton tidak melalui pintu utama atau yang disebut dengan Kori Kamandungan. Wisatawan bisa mendapatkan tiket masuk di pintu wisata sebelah timur, biayanya untuk wisatawan domestik Rp 10.000, untuk wisatawan asing Rp 15.000 nah jika ada reporter, liputan dan bersifat komersil, kamera yang dibawa juga dikenakan biaya lho. Nah kalau mau sewa guide, ada abdi dalem yang siap menemani, tambah ongkos sekitar Rp 30.000 lagi. Keraton surakarta adalah perpaduan antara gaya eropa dan etnik Jawa dalam setiap sudut dan tata ruang Keraton.

Secara Sejarah Keraton Surakarta di bangun oleh Pakubuwono II sekitar tahun 1744. Berbicara tentang Keraton, tak lepas dari sejarah kerajaan-kerajaan islam yang penah berjaya di tanah jawa. Ketika Kerajaan Islam Pajang mulai memperlihatkan titik surut, maka mulailah berdiri kerajaan mataram yang didirikan oleh Sultan Ageng Hanyokrokusumo. Dalam beberapa dekade, kerajaan ini sangat kuat dan jaya, namun akhir kerajaan Mataram Islam tidaklah semanis masa jayanya. Kerajaan Mataram Islam harus terpecah menjadi dua bagian barat dan timur pada tahun 1755 dengan sebuah perjanjian yang disebut perjanjian Giyanti.

Dalam kesepakatan tersebut membagi Mataram Islam menjadi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang berada di sebelah barat kali Opak Prambanan dan Keraton Surakarta Hadiningrat yang berada di sebelah timurnya. Untuk sisi sebelah barat telah dikupas ditulisan sebelumnya dan sekarang lebih mengenal tentang Keraton Surakarta/ Solo yang merupakan perpaduan antara kemegahan Eropa dan Keunikan etnik Jawa yang mempesona. Ketika  masuk kita akan disapa dengan silsilah raja Keraton Kasunanan Surakarta, yang saat ini dipimpin oleh Paku Buwono XIII. Setelah nya ada maket yang menggambarkan semua wilayah di keraton, yang bisa kita lihat walapun tidak begitu jelas karena kurang terawat. Kunjungan pertama wisatawan diarahkan ke museum yang berisi peninggalan barang-barang keraton. Seperti sejarah, alat perang, alat musik, alat masak sampai dengan seragam dan kereta kencana.

Di tengah museum itu ada sumur tua yang dulunya tempat bersemedi raja, airnya bisa diminum dan untuk cuci muka. Baru setelah itu kita masuk wilayah keraton yang sesungguhnya. Ada peraturan unik di sini, pengunjung yang menggunakan sandal jepit harus melepasnya, kalau menggunakan sepatu tertutup boleh, menurut abdi dalem yang sempat saya temui, ini merupakan bentuk penghormatan tamu kepada si pemilik rumah. Setelah masuk halaman keraton bagian timur ini kita akan disapa oleh halaman begitu luas dengan deretan pohon sawo yang besar dan rindang, yang kata abdi dalem, setiap pohon ada penunggunya *hati hati kesurupan. Tanah yang kita injak ada dua jenis. Dulunya hanya berupa pasir dari laut pantai selatan saja.

Tapi saat ini, tepatnya setelah letusan merapi yang terakhir, halaman ini juga dipenuhi dengan pasir merapi yang permukaannya lebih kasar. Setekah jalan jalan capek di keraton pasti kalian butuh oleh-oleh untuk keluarga di rumah, di sekitar keraton banyak sekali menyediakan oleh-oleh yang terjangkau, bisanya berupa pernik-pernik. Kalau terasa lapar atau haus, anda bisa menyewa becak atau delman untuk ke pintu keluar keraton sebelah selatan. Tepat di samping Kori Brajanala Kidul kita akan menemui beberapa warung makan yang enak-enak. Salah satu yang terkenal di sana adalah Es Plengeh, warung yang menjual es buah dengan harga Rp 3.000,00 saja per mangkok. Ok, kira kira seperti itu gambaran tentang obyek wisata keraton surakarta, dan di bawah ini kami berikan beberapa foto keraton surakarta biar kalian tidak hanya berimajinasi tapi bisa lihat dari foto hehehe.

Definisi Wisata Budaya

Definisi wisata budaya adalah kita berwisata dengan menggunakana kebudayaan sebagai objek dari wisata kita. berdasarkan jenis ini, bisa di bedakan dari minat minat khusus lainya seperti wisata petualangan dan lain sebagainya.

Unsur dari kebudayaan ada 12 yang bisa mendatangkan para wisatawan yaitu:

  1. Masyarakat
  2. Bahasa
  3. Kerajinan tangan
  4. Makanan dan kebiasaan makan
  5. Kesenian dan Musik
  6. sejarah suatu daerah
  7. Teknologi dan cara kerja
  8. Agama
  9. Karakterisitk dan bentuk daerah tujuan wisata
  10. Cara berpakain penduduk
  11. Pola atau sistem pendidikan
  12. Aktivitas pada waktu luang atau senggang.

Indonesia adalah salah satu negara yang punya ragam kebudayaan, karena itu lah banyak wisatawan mancanegara dan turis lokal yang yang suka belajar berbagai jenis budaya indonesia dan itu juga termasuk dalam wisata budaya

12 unsur kebudayaan di atas banyak di kemas dengan sengaja untuk menarik para wisatawan dan mempunyai maksud agar lebih menarik. Dari kamus besar bahasa indonesia pengertian wisata budaya adalah bepergian bersama-sama dengan tujuan mengenali budaya di tempat yang akan di tuju. Ada juga yang berpendapat bahwa wisata budaya itu terjadi karena dorongan dari adanya objek-objek wisaya yang berupa hasil deni budaya setempat, seperti upacara agama, ada istiadat, tata kehidupan masyarakat. peninggalan sejarah, hasil seni, kerajinan rakyat dan lain lainya. Dan itu tadi adalah beberpa pengertian pariwisata budaya menurut para ahli.

Dampak negatif dari wisata budaya terhadapa kelangsungan bidaya intu sendiri adalah:

  1. Terjadi transformasi dari aktifitas sosial ke arah penduduk dan perkenalan dengan ekonomi baru itu akan merubah tata nilai kultur dan tatanan masyarakat.
  2. Dengan adanya komersialisasi budaya yang berlebihan akan berdampak pada upaya merubah kultur budaya apabila di nilai kurang ekonomis.
  3. Akan terjadi interaksi antara masyarakat tradisional dengan masyarakat modern akn timbul kemungkinan terjadinya efek saling mempengaruhi dan itu akan merubah pola kehidupan masyarakat

Berbagai Daya tarik wisata budaya yang menjadi dorongan wisatawan:

  1. Wisatawan akan meriset dan meneliti secara ilmiah, serta melakukan kegiatan lain yang bersifat pendidikan kebudayaan.
  2. Event acara pertunjukan yang di bungkus dari adat istiadat atau budaya masyarakat setempat.
  3. Unsur benda yang di buat oleh para nenek moyang sejak zaman dahulu kala.
  4. Unsur lain yang di kemas dalam acara wisata sejarah dan wisata pendidikan.

Dan demi kelangsungan dan untuk mempertahkan budayanya maka sekarang banyak tempat wisata budaya yang sekuat tenaga mempertahankan budaya yang ada dan menjaganya agar tidak rusak. Demikian yang bisa sampaikan dari apa yang di sebut dengan definisi wisata budaya.

Wisata Solo Malam Hari Yang Paling Jos Jos Jos

Pentas wayang wong sri wedari wayang kautaman

Bagi yang pengin jalan jalan malam di solo, pada kesempatan malam ini kami akan share tentang wisata solo malam hari. Sebenarnya banyak sekali wisata malam hari di solo biasanya di dominasi oleh wisata kuliner yang bikin lidah bergoyang, namun sepertinya pada kesempatan ini kami akan membahas bukan hanya yang kuliner tapi ada 7 tempat yang wisata solo malam hari, eittsss tapi bukan yang ajeb2 ya.. untuk wisata ajeb-ajeb cari di tempat lain saja ehehehehe.

OK kita mulai wisata solo malam harinya:

  • Alun alun kidul atau ALKID

Yang perlu di ketahui adalah bahwa alkid bukan hanya ada di jogja tapi juga ada di solo. Di alkid solo itu banyak di kunjungi oleh remaja dan anak-anak kecil. Yang remaja disana banyak tempat tongkrongan lesehan dengan banyak pilihan jajanan seperti minuman atau wedang khas solo seperti wedang ronde, wedang asle, terus ada lagi bakso bakar, HIK (angkringan solo), syomay, batagor dan lain-lain. Untuk anak-anak disana ada banyak tempa bermain ada yang di sewakan odong-odong, mandi bola, pancing-pancingan, tempat lompat2tan, dan Masih banyak lain2nya.

Foto-foto di Alkid solo:

  • Sriwedari Solo

Solo adalah kota seni dan budaya karena itu berwisata ke solo wajibg hukumnya menikmati seni dan budayanya. Salah satu nya adalah di sriwedari solo. Warga solo masih sangat menganggunkan budaya dari nenek moyang mereka dan salah satu tempat untuk melihat seni budaya solo adalah di sriwedari ini.

Kesenian yang solo banget di sini adalah pertunjukan pentas wayang wong. Kalau kalian seringnya hanya mendengar wayang kulit atau wayang golek, di sriwedari ini di pentaskan wayang wong atau wayang orang. Yaitu wayang yang di perankan oleh manusia untuk lebih jelasnya mengenai apa itu wayang orang anda bisa buka link ini wikipedia wong.

Foto-foto di Sriwedari solo:

  • GALABO atau Gladak Langen Bogan

Sepertinya saya kemarin sudah menulis tentang galabo deh, singkatnya galabo ini tempat wisata kuliner di sini banyak tersedia makanan khas dari solo, untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel ini Tempat Wisata Kuliner Di Solo Yang Bikin Lidah Bergoyang.

Ok, itu tadi beberapa tempat wisata solo malam hari, sebenarnya masih banyak sih tempat wisata lain, tapi di solo ini memang lebih di dominasi wisata kuliner untuk malam harinya, dan yang paling saya suka itu soto bengi di jl. slamer riyadi sampingnya pizza hut. nanti kapan-kapan akan kita kupas, sotonya nyamii banget.

Tempat Wisata Kuliner Di Solo Yang Bikin Lidah Bergoyang

galabo wisata kuliner di solo

Dan masih tentang solo pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang tempat wisata kuliner di solo yang bikin lidah begoyang, dan bikin kalian ketagihan. Dan perlu kalian tahu di solo itu banyak makanan tradisional jawa yang super enak. Jadi kalau nanti kalian ke solo jangan lupa berwisata kuliner kalau enggak kalian akan rugi jika ke solo tidak mampir di tempat-tempat kuliner yang akan saya sebutkan di bawah ini.

  • Serabi notosuman

serabi notosuman wisata kuliner di soloIni bro yang paling saya suka enaknya nyam, manis empuk, kalo pas lagi anget kadang ada kriuknya juga. Lokasi penjualan serabi notosuman solo berada di Jl. Moh Yamin dahulu namanya Jl. Notosuman, tapi gak tahu kenapa sekarang di ganti menjadi Jl. Moh Yamin. Serabi notosuman solo ini sudah berdiri sejak 1923 loh. Cara pembuatan serabi notosuman masih sangat tradisional, menggunakan wajan-wajan kecil terus di bakar di atas arang dan di beri penutup yang terbuat dari tanan, pokoknya masih alami gitu deh. Anda juga bisa langsung melihat sendiri proses masaknya, anda akan mencium baru harumnya. Harga serabi notosuman coklat Rp 2.500 dan yang polos Rp 3.000. Murah meriah kan tapi tidak bisa di ragukan enaknya.

  • Galabo Solo

galabo wisata kuliner di soloGalabo solo ini berada di ujung Jl. Slamet riyadi, disana di suguhkan berbagai macam makanan banyak stand makanan di sana anda bebas untuk memesan makanan yang anda sukai. Tempatnya di depan Beteng Trade Center dan PGS (Pusat Grosir Solo). Di malam hari galabo ini selalu ramai dengan orang-orang yang kelaparan,, hehehe. Galabo buka dari jam 5 sore sampai dengan jam 5 pagi. Modelnya adalah payung dan ada kursi yang tempatnya di tengah jalan raya. Kalau pagi-siang jalan ini ramai lalu lalang orang yang beli batik di PGS atau beteng. Di galabo anda bisa mendapatkan berbagai makanan kuliner khas solo seperti tengkleng, sate kere, mi toprak, wedan ronde, wedang asle. Dan masih banyak lainya.

  • Timlo Sastro

timlo sastro wisata kuliner di soloTimlo adalah kuliner asli solo, dan anda pernah dengar kan band kocak yang bernama timloe, nah mereka lahir di sini dari timlo solo,,, (ngarang) ahahaha. Di solo banyak sekali yang berjualan nasi timlo sangat banyak, namun yang sampai sekarang banyak di buru orang adalah timlo sastro ini. Letaknya di belakang pasar gedhe. Timlo adalah makanan yang terbuat dari kalu ayam yang berisikan wortel, sosis, kentang dan daging ayam ada juga ati dan ampela. Untuk menambah kenikmatan bisa di nikmati dengan kerupuk kulit. Dan perlu anda ketahui Timlo Sastro ini sudah eksis dari 1952 loh, bapakmu belum lahir itu hehe.

Wisata kuliner di solo timlo sastro ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 3 sore. Dan biasanya di warung timlo sastro ini ada live musik keroncongnya, jadi suasana solo berasa banget.

  • Kuliner Tengkleng Bu Edi Solo

tengkleng bu edi wisata kuliner di soloDari sejarah yang dengar tengkleng ini adalah makanan orang kere atau orang miskin, karena kalau dilihat dari bahan dasarnya makanan ini terbuat dari tulang yang masih tersisa sedikit daginya. Biasanya dari kambing, Tengkleng bu edi ini sangat populer di solo dan banyak di buru, dan habisnya cepat sekali. Lokasinya berada di dekat pasar klewer di pinggir jalan gitu. tempatnya memang sempit dan bukan seperi warung atau restoran tapi banyak pelangganya. Tengkleng bu edi banyak yang nyari jadi 3 jam sudah habis makanya kalian harus cepet2an nih saya kasih tahu, bu edi buka jam 1 siang, di catat ya jangan sampai telat, lengah dikit kamu gak bakal nikmatin tuh tengkleng surga yang nikmatnya luar biasa.

  • Kuliner Sate Bunter Tambak Segaran Solo

sate buntel tambak segaran wisata kuliner di soloSate buntel yang tenar di solo adalah sate buntel tambak segaran yang lokasinya ada di Jl. Tambak Segaran Solo no. 39. Selain menu sate buntel di tempat ini juga ada gulai kambing dan sate kambing buka dari jam 10.00 wib sampai jam 23.00 wib wah lama juga bisa jadi buruan makan malam nih.

Sedikit penjelasang tentang sate buntel itu apa, sate buntel ini adalah sate yang terbuat dari daging kambing yang di cincang terus di bumbui, lalu di bungkus dengan lemak kambing sedikit kemudian di bakar, nah saat di bakar ini lemak akan meleleh di satenya, dan ini yang membuat cita rasa sate buntel nikmat.

Ok, buat kalian yang suka makan makanan tradisional anda wajib hukumnya berwisata kuliner di solo. Sebenarnya masih Tempat Wisata Kuliner Di Solo mungkin di artikel berikutnya kami akan tambahkan lagi.

Museum Sangiran Manusia Purbakala Utara Solo

Pintu Masuk museum sangiran solo

Selain wisata budaya, di solo juga ada wisata manusia purba nama museum itu adalah sangiran. Lokasi museum sangiran adalah di sebelah utaranya, yaitu mengarah ke purwodadi atau ke pati. Museum sangiran bisa menjadi wisata edukasi yang menggemberikan dan menyenangkan untuk anak-anak, kita bisa mengajak mereka belajar zaman prasejarah. Bersenang-senang dan sekaligus menimba ilmu peradaban manusia purba di sangiran.

Pintu Masuk museum sangiran solo

Museum sangiran ini termasuk di dirikan pada tahun 1980 luas areanya kurang lebih 1000 meter persegi. Di tahun 1930 sampai 1975 banyak sekali di temukan fosil manusia purba, mungkin inilah yang menjadi dasar di bangunya museum sangiran. Anda tidak akan rugi jika berwisata di sangiran, karena museum ini adalah yang paling lengkap di jawa, dan  kabarnya juga paling lengkap se ASIA loh. Penelitian kehidupan pra sejarah di lakukan di museum ini di tempat ini kalian bisa belajar Antropologi, Arkeologi, Geologi, Paleoanthropologi.

Hari buka museum ini setiap hari selasa sampai dengan hari minggu, buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Tiket masuk ke sangiran juga murah untuk wisatawan lokal hanya dengan 5 ribu rupiah, dan untuk wisatawan mancanegara Rp11.500 cukup murah bukan.

Ok, untuk menuju ke lokasi wisata sangiran dari kota solo kita hanya butuh waktu 1 jam cukup dekat. Museum sangiran ada di kecamatan kalijambe, kab. sragen jawa tengah.

Oke triper, silahkan main sangiran dan nikmati wisata purbanya. Kalian akan tahu nenek moyanmu hehe.

Koleksi foto museum sangiran

Nomer telfon museum sangiran

Kalian bisa menghubungi di sini DINAS PARIWISATA, KEBUDAYAAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SRAGEN, Telp : 0271-7087446, 8822856, Fax : 0271-894986. Website: Sangiran-Sragen[dot]com

Peta museum sangiran dari surakarta/solo

Jika kalian ingin tahu lebih detail tentang museum sangiran silahkan masuk ke wikipedia

Tawangmangu Wisata Alam Terkeren Di Solo

air terjun grojokan sewu dan jembatan kayu

Siapa yang tidak tahu solo alias surakarta, pasti tahu dong. Pak Presiden kita saja berasal dari sana. Kita akan membahas tentang wisata alam yang ada di solo yaitu Tawangmangu atau orang bilang juga Grojogan Sewu. Tawangmangu sendiri berada di Karanganyar Jawa Tengah, perajalan dari kota solo sekitar 1-2 jam tergantun kondisi jalan pas ramai atau tidak. Kalau sedang sepi ya lancar 1,5 jam sudah sampai.

wisata grojokan sewu tawangmangu karanganyar jawa tengah
air terjun grojokan sewu

Wisata alam tawangmangu ini sudah ada sejak jaman belanda loh keren kan. Disana kita akan di suguhi dengan air terjun dengan ketinggian 81 meter. Ada taman, kolam renang, hotel dan penginapan juga ada. Kalau main kesana jangan lupa pakai baju atau jaket tebal ya. Soalnya Tawangmangu ini berada di lereng gunung, tepatnya adalah gunung lawu. Di lereng gunung lawu sendiri masih banyak lagi tempat wisatanya. Ada Kemuning, Air terjun jumog, cemoro sewu, telaga sarangan dan masih banyak lainya. Nanti akan kita bahas lagi.

Selain udaranya yang sejuk, keindahan alam di sekitarnya tidak kalah menarik dengan kawasan lain di indonesia, terlebih lagi didaerah ini terkenal dengan produksi pertanian penghasil sayur mayur selain dari keberadaan obyek wisata Air Terjun Grojokan Sewu. Tawangmangu sendiri telah menjadi pilihan bagi orang-orang perkotaan untuk membangun villa-villa, maupun berinvestasi dengan mendirikan hotel-hotel & penginapan. (wikipedia).

Biar tidak penasaran seperti apa sih tawangmangu itu. Silahkan lihat foto-fotnya di bawah ini:

 

 

Silahkan segera berwisata ke tawangmangu, saya yakin anda akan menemukan ketengangan hati disana. Apalagi suasana malam di sana sangat nyaman, bisa ngopi di lereng gunung sambil menikmati jagung bakar atau mi rebus, wuuuhh enak sekali kawan.