Berwisata Di Benteng Van Der Wijck Gombong Kebumen

Benteng Van der Wijk Gombong Kebumen

Berwisata  Di Benteng Van Der Wijck. Salah satu tempat bersejarah di Indonesia yang dapat dijadikan tempat wisata adalah benteng Van Der Wijck. Benteng Van Der Wijck merupakan salah satu wisata yang ada di daerah Gombong Tepatnya di Jl. Sapta Marga, Desa Sedayu, Kecamatan Gombong kabupaten kebumen jawa tengah. Tempat wisata Gombong ini adalah bangunan bersejarah yang dibangun pada zaman Kolonial Belanda pada tahun 1818 oleh Jendral Van den Bosh. Sejarah wisata Van Der Wijck ini tidak lepas dari sejarah peninggalan Hindia Belanda. Bangunan ini dibangun pada saat peperangan Pangeran Diponegoro tahun 1825 – 1830 melawan pasukan belanda, dimana benteng ini dijadikan sebagai tempat pertahanan dan pendidikan militer.

Foto Dinding Benteng Van Der Wijk Gombong
Foto Dinding Benteng Van Der Wijk Gombong- warna dinding benteng merah menyala sungguh luar bisa

Lokasi Benteng Van Der Wijck

Akses wisata ke benteng Van Der Wijck sangat mudah dijangkau, lokasi sekitar 21 km dari kota kebumen. Wisata ini memperlihatkan bangunan yang berdiri megah dengan luas sekitar 7.168m berbentuk segi delapan yang terdiri dari dua lantai. Di dalam bangunan ini memperlihatkan ruangan besar dan kecil, banyak pintu yang bisa dituju untuk memasuki ruangan itu. Warna merah pada temboknya ini juga menjadi identitas dari benteng Van Der Wijck. Tinggi bangunan ini 9.67m.

Benteng Van der Wijk Gombong Kebumen
Benteng Van der Wijk Gombong Kebumen | foto anak-anak sedang bermain di dekat pintu benteng, yang bertuliskan benteng ini di bangun pada tahun 1818

Tempat wisata Van Der Wijck tidak hanya menyuguhkan cerita jaman dahulu kala akan tetapi para pengunjung juga dapat menikmati keindahan wisata ini melainkan juga dapat menambah wawasan sejarah keilmuan yang bisa didapat dari bangunan ini. Wisata bersejarah ini juga menyediakan sarana rekreasi untuk keluarga terutama anak-anak, berbagai fasilitas yang disediakan adalah area taman bermain anak-anak, waterpark, kereta keliling. Jika keluarga masih ingin berlama-lama menikmati,  disini disediakan penginapan dengan harga terjangkau dengan fasilitas yang memuaskan.

Tiket Masuk Benteng Van Der Wijck Gombong

Kalian pasti juga ingin tau berapa harga tiket masuk di wisata ini kan?? Tiket masuk benteng van der wijck sangatlah murah bila dibanding dengan kepuasan dan wawasan ilmu sejarah yang didapatkan, harga tiket masuk hanya 25 ribu rupiah yang dapat digunakan untuk menikmati wisata yang ada didalamnya. Lokasi wisata benteng van der wijck ini dibuka pada setiap hari Setiap hari jam 08.00 – 16.00 WIB.

Yuk Main Ke Pantai Melasti Tabanan Bali

Sunset di Pantai Melasti Tabanan Bali

Pantai melasti merupakan obyek wisata terbaru yang tak kalah menariknya dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Nuansa pantai yang elok dengan bibir pantai dibawah tebing yang sangat menawan, pasir putih yang indah dan warna birunya air laut. Pantai melasti tampak indah bila dilihat dari atas tebing, untuk menuju ke pantai melasti maka kalian akan menusuri sepanjang jalan beraspal yang bertebing dengan ketinggian sekitar 100-150 m.

air terjun di pantai melasti tabanan bali
air terjun di pantai melasti tabanan bali

Lokasi Pantai Melasti Tabanan

Lokasi pantai melasti berada di Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini bersebelahan dengan pantai bali cliff dan pantai pandawa. Pantai melasti berjarak 3 km dari Lapangan desa ungasan. Asal mula penamaan pantai ini karena tempat ini sering digunakan sebagai tempat ucapara melasti oleh warga sekitar. Upacara melasti atau disebut melelasti yaitu menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan, bagi kepercayaan orang hindu laut dianggap sebagai air kehidupan atau disebut tirta amerta, orang-orang hindu akan mendatangi pantai-pantai untuk melakukan perayaan ini dengan membawa sesajian untuk pelengkap upacara melasti. Perayaan ini dilaksanakan pada hari keempat sampai hari kedua menjelang hari raya nyepi.

Sunset di Pantai Melasti Tabanan Bali
Sunset di Pantai Melasti Tabanan Bali, Siluetnya bagus sekali yang ngambil foto pinter nih

Sajian keindahan pantai melasti tabanan akan menjadi tempat favorit para pengunjung karena keunikan pantai yang dihiasi oleh tebing kapur putih disepanjang bibir pantai, terdapat banyak batu karang serta kubangan air, air yang jernih yang dapat memperlihatkan ikan dan pemandangan laut dibawahnya. Para wisatawan yang berkunjung akan menjadikan momen yang tak akan pernah terlupakan.

Perbedaan pantai melasti dengan pantai cliff yaitu pantai cliff terlihat menggantung terbentuk karena erosi oleh deburan ombak yang besar yang mampu membuat cekungan seperti magkuk sehingga sebut dengan green bowl, untuk menuju ke pantai ini pengunjung harung menapaki anak tangga sehingga dibutuhkan energi yang kuat sedangkan pantai pandawa tidak jauh beda dengan pantai melasti yaitu pantai dengan pasir putih tebing berkapur, untuk menuju ke pantai ini pengunjung akan menjumpai patung pandawa. Aktivitas yang banyak diminati oleh para pengunjung di pantai melasti ini adalah water sport antara lain jetski dan banana boat.

Gimana menarik kan, Pantai Melasti Tabanan Bali ini lagi ngetren dan banyak di bicarakan oran loh, tidak ada ruginya jika kalian di Bali untuk jalan ke Pantai Melasti. Silahkan like dan Share jika anda suka dengan pantai melasti.

Desa Wisata Penglipuran Bali Bikin Hati Adem

keunikan desa penglipuran

Siapa yang tidak kenal dengan pulau Bali? Bali merupakan pulau adalah yang kaya akan budaya dan keseniannya yang memberikan daya tarik bagi para wisatawan. Terdapat beberapa desa yang ada di Bali yang memiliki tradisi mempertahankan budaya leluhur yang sampai saat ini masih berlangsung yaitu desa trunyan dan desa Penglipuran.

Desa Wisata Penglipuran Bali
Desa Wisata Penglipuran Bali

Lokasi Desa Penglipuran Bali

Anda pernah mendengar desa wisata Penglipuran? Penglipuran merupakan kawasa pedesaan yang memiliki tatanan yang unik dari desa tradisional di Pulau Bali, lokasi desa Penglipuran tepatnya di desa  di kelurahan Kubu Kabupaten Bangli, 5 km dari pusat kota Bangli dan 45 km dari pusat kota Denpasar. Desa adat Penglipuran ini menjadi salah satu tujuan wisata yang ada di Bali yang tidak kalah menariknya bila dibanding dengan obyek wisata lainnya seperti pantai kuta, pantai sanur, tanah lot,dll.

Jalan-Jalan di Desa penglipuran Bali
Jalan-Jalan di Desa penglipuran Bali
keunikan desa penglipuran
keunikan desa penglipuran

Objek wisata desa Penglipuran Bali ini diresmikan oleh pemerintahan Bangli pada tahun 1995, Penglipuran mempunyai daya tarik dengan adat budaya tradisionalnya yang memperlihatkan sebuah desa dengan tatanan dan struktur yang sangat unik dan menarik, terlihat sangat rapi dan bersih sehingga Pemerintahan Bangli telah memberikan penghargaan Kalpataru, yaitu salah satu penghargaan yang diberikan atas prestasinya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia. Jumlah Penduduk desa Penglipuran sekitar 743 jiwa, mata pencaharian mereka petani dan membuat kerajinan tangan.

Desa adat Penglipuran adalah desa yang dari dulu sampai sekarang masih mempertahankan warisan leluhur, bangunan rumah satu dengan yang lainnya sangat mirip dan jarak rumah berdekatan. Keistimewaan dari rumah-rumah adat Penglipuran ini memperlihatkan pintu gerbang rumah yang dihiasi ukiran dan ornament khas bali yang dikenal dengan istilah “angkul-angkul” atau nama lainnya “Pamedal” yang dijadikan sebagai pintu masuk pekarangan rumah adat Bali. Penempatan angkul-angkul memiliki makna dan fungsi tersendiri yang dapat menentukan kehidupan rumah tangga, dikatakan bahwa jika mempunyai lebih dari satu angkul-angkul maka mereka kehidupannya sangat boros, bahkan bisa juga anggota keluarganya mudah sakit dan dapat terjadi perselingkuhan.

Keindahan Desa Wisata Penglipuran Bangli memberikan kesan yang menarik dan nyaman bagi para wisatawan, suasana yang tenang dan damai, udaranya yang sejuk membuat mereka enggan meninggalkan tempat ini, desanya yang asri sudah bisa dirasakan saat wisatawan masuk dipedesaan ini, nuansa kehijauan dan tatanan rumah yang rapi. Area pemukiman yang bebas kendaraan roda empat, seluruh bangunan rumah terbuat dari batu bata merah serta anyaman bambu. Jumlah Penduduk desa Penglipuran sekitar 743 jiwa, mata pencaharian mereka petani dan membuat kerajinan tangan.

Sejarah Desa penglipuran Bali

Konon desa Penglipuran ini diambil dari kata “Pengeling Pura” yang artinya tempat suci atau pura untuk mengenang para lelulur. Namun ada yang berpendapat bahwa penglipur berasal dari kata “Penglipur” yang berarti Penghibur, dahulu desa ini dijadikan sebagai tempat peristirahatan.

Desa adat Penglipuran Bali memiliki ciri khas antara lain bentuk bangunan yang beragam, masyarakat yang anti poligami, tata ruang desa, system adat, mata pencaharian, kesenian tari tarian, bentuk bangunan dan topografi. Keunikan ini yang membedakan dengan desa-desa yang lain. Tari yang terkenal di desa Penglipuran ini adalah Tari Baris, tarian ini amat sakral, biasanya digunakan untuk upacara dewa Yadnya, tarian ini diiringi oleh gamelan gong gede oleh sekaa gong gede desa adat Penglipuran yang diatur dalam awig-awig desa adat Penglipuran denga penarinya yaitu baris jojor 12 orang, baris presi 12 orang dan baris bedil 20 orang.

Pantai Batu Belig Bali Kerobogan Memukau

Sorot Cahaya Sunset Pantai Batu Belig Bali

Pantai Batu Belig Bali Kerobogan Memukau. Memang pantai ini masih terdengar sangat asing di telinga kami dan mungkin juga asing di telinga kalian. Pantai Batubelig sebuah panti indah yang berada di Kerobokan, Bali. Namun pantai Batu Belig saat ini menjadi incaran banyak orang untuk kesana. Di bali memang Pantai Kuta lah yang paling terkenal namun sepertinya pantai batu belig mempunyai keindahan yang tidak bisa kita temukan di pantai kuta.

Sunset di Pantai Batu Belig Bali
Sunset di Pantai Batu Belig Bali

Sunset di pantai batu belig sangat indah tidak kalah dengan sunset yang biasa kita lihat di pantai kuta. Kita bisa menikmati keindan sunset di waktu senja sambil berjalan menyusuri pantai dengan cipratan air laut yang lembut di iringi dengan nyanyian angin dan ombak yang merdu.

Lokasi Pantai Batu Belig

Lokasi pantai ini ada di pinggiran kota,  dan pantai ini masih sangat indah dan terjada dari tangan jahil manusia. Selain menikmati sunset kita juga bisa bermain di pantai seperti bermain bola atau sekedar jalan-jalan menyusuri pantai. Atau kalian yang suka dengan volley kalian juga akan bisa merasakan asiknya jika bermain di pantai batu belig. Namun sebagian besar dari wisatawan yang datang kesini mereka senang menikmati sunset saat senja tiba.

Sorot Cahaya Sunset Pantai Batu Belig Bali
Sorot Cahaya Sunset Pantai Batu Belig Bali

Jarak pantai batu belig dari pantai kuta kurang lebih 9 kilometer, namun kalian tidak usah bingung mengenai masalah transportasi, jika kalian tidak membawa kendaraan sendiri di pantai batu belig banyak tukang ojek yang siap mengantarkan kalian pulang ke hotel.

 

 

Pesona Desa Wisata Nglinggo Pagerharjo Samigaluh Kulon Progo

sunset di desa wisata nglinggo

Pesona Desa Wisata Nglinggo Pagerharjo Samigaluh Kulon Progo. Di Kulonprogo ada sebuah desa wisata baru yang saat ini sedang banyak di kunjungi para wisatawan yaitu Desa Wisata Nglinggo. Disana ada ada pemandangan yang bagus yaitu hamparan kebun teh yang hijau dan di kelilingi oleh pohon pinus di ketinggian 800 m dpl dan bisa di pastikan suhu di sana sejuk dan nyaman untuk bersantai melepas kepenatan kehidupan perkotaan.

sunset di desa wisata nglinggo
sunset di desa wisata nglinggo

Yang menjadi daya tarik yang mempesoan dari Desa Wisata Nglinggo adalah kebun tehnya. Jika kalian kesana kalian bisa berjalan-jalan menyusuri kebun teh yang merona hijau sambil melihat pemandangan bukit sekitar kebun teh dengan pola yang unik dan menarik. Di samping itu kalian juga bisa menikmati rimbunya hutan pinus, dan hamparan lembah yang hijau berkilau seperti karpet yang sangat luas, pokoknya mata kalian akan di suguhi dengan keindahan alam di Desa Wisata Nglinggo.

puncak kedeng bukit kukusan desa wisata nglinggo
puncak kedeng bukit kukusan desa wisata nglinggo
Gunung Kukusan desa wisata nglinggo kulon Progo
Gunung Kukusan desa wisata nglinggo kulon Progo

Ada yang seru lagi di loh, yaitu Air Terjun. Disana ada air terjun yang oleh masyarakat sekitar di namakan dengan Curug Watu Jonggol. Air terjun ini ketinggianya adalah 900 m dpl. Jika kalian ingin kelokasi air terjun Curug Watu Jonggol kalian harus melewati jalan yang cukup susah untuk di lewati jadi kalian harus berhati-hati saat perjalan menuju ke sana. Tempat dari curug jonggol memang tersembunyi jadi dengan kondisi seperti itu air terjun ini malah jadi terjaga kealamianya.

Air Terjun Curug Jonggol desa wisata nglinggo
Air Terjun Curug Jonggol desa wisata nglinggo
Foto bukit desa wisata nglinggo
Foto bukit desa wisata nglinggo
Foto kebun teh di desa wisata nglinggo
Foto kebun teh di desa wisata nglinggo

Di lokasi Air Terjun Curug Jonggol masih terlihat rimbun dengan pepohonan dan binatang khas dataran tinggi. Selain itu Desa Wisata Nglinggo juga menyimpan potensi wisata budaya. Di desa ini kalian bisa belajar beternak kambing, bertani dan kesenian penduduk sekitar. Kalian bisa belajar menari tari Jathilan, tari lengger, terus belajar membuat topen dan juga bisa belajar membatik bisa kalian lakukan di Desa Wisata Nglinggo.

Lokasi desa wisata nglinggo

Lokasi Desa Wisata Nglinggo berada di Kelurahan Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kulonprogo. Perlua kalian tahu juga bahwa lokasi wisata ini dekat dengan wisata Puncak Suroloyo.

Desa Wisata Nglinggo juga pernah mendapat juara 3 loh dalam perlombaan desa wisata tingkat nasional. Fasilitas desa wisata ini sudah lengkap, ada pusat oleh-oleh, tempat parkir yang luas, ada bumi perkemahan homestay dan ada juga tempat meeting yang bisa membuat kurang lebih seratur orang. Dan akhirnya cukup sekian informasi yang bisa kami berikan mengenai Desa Wisata Nglinggo Pagerharjo, silahkan berkunjung kesana dan nikmati keindahan kekayan alam kita.

Wisata Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa Keren Deh

Snorkeling Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa

Wisata Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa Keren Deh. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan Karimun Jawa. Dan kali ini kita akan membahas salah satu pantai yang ada disana yaitu Pantai Tanjung Gelam . Pantai ini sekarang menjadi tujuan banyak wisatawan lokal dan luar negeri karena pantai ini begitu indah dan mempesona, sunsetnya juga sangat bagus. Kami yakin saat kalian berada disana hanya ada kebahagiaan dan kegembiraan, semua beban kehidupan akan hilang di telan indahnya pantai Tanjung Gelam Karimun.

Wisata Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa
Wisata Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa

Air Laut yang jernih kebiruan, main pasir bersama teman. Dan menikmati indahnya pantai sambil menunggu Sunset di Tanjung Gelam. Karimun Jawa adalah sebuah gugusan kepulauan dengan 27 pulau dan sampai saat ini hanya lima pulau yang di huni oleh warga lainya adalah pulau kosong. Karimun jawa dari dulu memang menjadi daya tarik banyak wisatawan karena banyak sekali pantai yang cantik mengalahkan indahnya pantai yang ada di Bali. Dan salah satu pantai yang indah itu adalah Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa.

Snorkeling Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa
Snorkeling Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa

Pantai Tanjung Gelam karimunjawa adalah sebuah pantai indah yang sangat terkenal dengan keindahan sunsetnya, dari sekian banyak pantai yang ada di Karimun Jawa di pantai ini lah titik melihat sunset yang paling bagus.

Baca Juga: Berwisata ke Pantai Bandengan Jepara

Kita dapat melihat sunset sepenuhnya di sana, tanpa adalah halangan penglihatan sedikitpun. Dan ini adalah momen yang jarang bisa kita dapatkan di pantai lain. Di Pantai Tanjung Gelam banyak di tumbuhi pohon yang berjajar rapi. Oleh warga sekitar pantai ini biasa di gunakan untuk melakukan upacara adat, biasanya 1 minggu setelah hari Raya Idul Fitri. Para warga akan datang ke pantai Tanjung Gelam untuk melihat keindahan pantai dan berkumpul bersama keluarga mereka.

Pantai Tanjung Gelam terletak di bagian barat dari Karimunjawa, dan para wisatawan yang datang ke Karimun pantai ini adalah tempat wajib yang harus di kunjungi.

Dan masih ada lagi yang menarik, jika kalian ingin snorkeling atau diving di pantai ini juga menyajikan pemandangan bawah laut yang sangat luar biasa cantik dan indah. Di Pantai Tanjung Gelam banyak terumbu karang dan biota laut lain yang banyak sekali. Dengan di dukung oleh air yang sangat jernih kami jamin itu akan sangat memuaskan. Ok, silahkan datang ke kariun jawa dan pergilah ke Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa yang indah.

Pantai Amed Dan Tulamben Yang Indah Di Bali Timur

keindahan bawah laut pantai amed dan tulamben

Pantai Amed Dan Tulamben Yang Indah Di Bali TimurKalian suka dengan diving atau menyeleam ke dalam laut?. Kalian harus datang ke pantai Amed dan Tulamben yang berada di Bali timur, karena pantai di kedua pantai ini kalian bisa menyaksikan keindahan dunia bawah laut yang sangat luar biasa indah. Pantai amed dan tulamben memiliki keindahan terumbu karang yang luar biasa dan biota lautnya sangat banyak dan beragam itu menjadi daya tarik para diver untuk menyelam di kedua pantai ini.

biota laut pantai amed dan tulamben
biota laut pantai amed dan tulamben

Pantai Amed dan Tulamben menghadap ke selat lombok. Karena banyaknya ragam biota lautnya pantai amed dan tulamben adalah salah satu spot diving yang masuk dalam kategori tebaik di dunia. Dan saya sarankan jika kalian memang hobi dan senang dengan diving jangan lupa ke pantai ini, pasti kalian akan terpukau.

cantiknya ikan di amed dan tulamben
cantiknya ikan di amed dan tulamben
Ikan nemo di pantai amed dan tulamben
Ikan nemo di pantai amed dan tulamben

Harga snorkeling di pantai amed dan Tulamben

Jika kalian lebih suka dengan snorkeling kalian bisa juga melakukan snorkeling di pantai amed dan tulamben, dan itu tidak kalah seru dengan menyelam atau diving. Harga sewa peralatan snorkeling yang ada di pantai amen dan tulamben masih bisa kalian tawar kok. Kalau kalian pintar dan cerdik dan menawar kalian bisa mendapatkan harga cuma Rp3 30 rb saja.

Lokasi snorkeling yang paling bagus berada di 4 km kearah selatan yang dinakaman Cemuluk. Kalian bisa naik perahu untuk ke Cemuluk. Kalau terelalu jauh kalian juga masih bisa bersnorkeling di pantai saja, coba kalian berenang 8 menit di sekitaran pantai kalian akan mendapatkan pemandandangan laut yang luar biasa indah.

keindahan bawah laut pantai amed dan tulamben
keindahan bawah laut pantai amed dan tulamben

Daya tarik utama Tulamben adalah kapal karam AS saat Perang Dunia II. Menurut penduduk Tulamben, kapal USA sepanjang 120 meter itu karam karena pada tahun 1946 rusak tertembak kapal Jepang. Lalu, kapal terdampar di pinggir pantai, sementara kru dan awak beserta ransum yang mereka bawa selamat. Lalu pada tahun 1963, Gunung Agung yang meletus, membawa kapal AS itu ke tengah laut dan akhirnya tenggelam sendiri.

Kehidupan di Amed tidak terlalu ramai seperti di daerah Kuta. Tampak sepi dan tenang khas suasana pedesaan yang masih tradisional. Sudah cukup banyak fasilitas homestay, hotel dan juga bungalow. Saya menginp di homestay kecil kalo nggak salah namanya homestay Joy di desa Jemeluk. Tarif-nya 150rb/hari dengan free breakfast.

Tulamben juga terkenal dengan wisata snorkling dan diving-nya. Tulamben letaknya  tidak jauh dari Amed. Jaraknya sekitar 20-30 menit. Saya hanya mampir sebentar karena tidak banyak yang bisa saya explore disana. Saya lihat banyak bule dengan pakaian diving siap-siap menyelam. Area yang paling banyak dikunjungi untuk snorkling dan diving adalah “Liberty Shipwreck

Piknik Asik di Pantai Lovina Singaraja Bali

sunset memukau di pantai lovina singajara bali

Piknik Asik di Pantai Lovina Singaraja Bali. Mau liburan atau piknik ke pantai yang asik, ini kami ada info baru tentang pantai yang sekarang lagi tren di Bali yaitu Pantai Lovina. Pantai lovina adalah sebuah pantai yang berada di Singaraja Bali. Pantai Lovina adalah sebuah pantai dengan pasir hitam yang lembut dan ombak yang tenang. Jarak Pantai Lovina dari pantai terkenal di bali lainya seperti pantai sanur atau Kuta kurang lebih adalah 100 Km. Eh iya ada yang menarik yaitu ada ikan lumba-lumba di Pantai Lovina. Lumba-lumba akan muncul pada pagi hari sekitar jam 6 sampai kurang lebih 9.30 pagi. Kalau tidak ingin kehilangan momen munculnya lumba-lumba di pantai Lovina kalian harus bangun pagi-pagi ya. Yang manjadi daya tarik wisatawan untuk datang kesini adalah karena adanya lumba-lumba liar yang ada si laut pantai Lovina. Anda bisa melihat kawanan lumba-lumba bermain dan beraksi di pantai ini.

lumba lumba liar di pantai lovina
lumba lumba liar di pantai lovina
foto lumba-lumba di laut pantai lovina
foto lumba-lumba di laut pantai lovina

Untuk bisa melihat lumba-lumba kalian bisa menyewa perahu yang memang khusus di sediakan untuk ini. Selama perjalanan ke tengah laut kalian bisa menyaksikan keindahan dari perairan pantai Lovina. Biasanya waktu yang di berikan oleh para penyewa perahu adalah 3 jam, dan kalian akan di arahkan menuju lokasi dimana lumba-lumba sering bermunculan.Taman laut di pantai lovina sangat bagus kalian juga bisa menyelam di sana untuk menyaksikan keindahan karang dan biota laut yang masih bagus dan alami.

foto sunset di pantai lovina bali
foto sunset di pantai lovina bali
Indahnya sunset di pantai lovina bali
Indahnya sunset di pantai lovina bali
sunset memukau di pantai lovina singajara bali
sunset memukau di pantai lovina singajara bali

Hotel Di pantai Lovina

Di pantai Lovina saat ini sudah ada banyak tempat menginap baik penginapan yang biasa dengan harga yang terjangkau atau Hotel yang bisa membuat anda lebih nyaman berada di Di sana. Dan ada juga sebuah hotel yang ada tempat pertunjukan lumba-lumbanya. Kalian bisa menonton atraksi lumba-lumba dengan leluasa.

Tiket Masuk Pantai Lovina

Untuk masuk ke kawasan wisata pantai Lovina anda tidak di haruskan untuk membayar tiket. Namun jika kalian ingin menikmati fasilitas yang lain seperti melihat lumba-lumba di tengah laut dan ingin snorkeling di bawah ini adalah list harga yang harus anda bayar .

  • Harga tiket sewa perahu lumba-lumba:

Harga publish: 250rb/orang

Harga online: 110rb/orang

  • Harga tiket snorkeling pantai lovina:

Harga publish: 300rb/orang

Harga online: 130rb/orang

Baca Juga: Indahnya Tempat Wisata Gunung Batur Bali Yang Memukau

Oke demikian artikel tentang Piknik Asik di Pantai Lovina Singaraja Bali, silahkan jika kalian ingin ke Bali jangan lupa untuk berkunjung kesana.

Indahnya Pantai Kaluku Donggala

sunset di pantai kaluku donggala keren abis

Indahnya Pantai Kaluku Donggala. Kalian pasti sudah tahu kan kalau di Donggala terkenal dengan sarungnya, namun kali ini kita akan membahas pantai yang kini sedang tren banyak di bicarakan banyak orang yaitu pantai Kaluku. Sampai saat ini kalian tidak perlu mengeluarkan untuk masuk ke lokasi wisata pantai Kaluku, karena sampai saat ini masih di kelola secara gratis, kalau hanya bayar parkir kendaraan itu wajarlah.

Indahnya pantai kaluku donggala
Indahnya pantai kaluku donggala
sunset di pantai kaluku donggala keren abis
sunset di pantai kaluku donggala keren abis

Lokasi Pantai Kaluku Donggala

Lokasi Pantai Kaluku kurang lebihnya adalah 5 km dari Desa Limbaro. Di pantai ini banyak tumbuh pohon kelapa yang menjulang tinggi. Air laut yang bening dan jernih, hamparan luas pasir putih makin menjadi memikat hati untuk betah menikmati keindahanya.

Kaluku dalam dialeg suku kaili berarti kelapa.Tanaman tahunan ini menjadi komoditi unggulan di Kabupaten Donggala. Dulu,salah satu kejayaan pelabuhan Donggala berasal dari kelapa yang diolah menjadi kopra yang kemudian dikirim ke Makassar dan Surabaya. Setelah pelabuhan dipindahkan ke Pantoloan, aktifitas pengiriman kopra menjadi sepi.

Di lokasi wisata pantai kaluku juga tumbuh hutan mangrove yang memiliki luas kurang lebih 3 hektar. Dan rencananya di sana akan di bangun jembatan yang terbuat dari bambu yang akan memagari pohon mangrove supaya para wisatawan bisa masuk ke dalam indah dan rimbunya hutan mangrove, dan itu akan memberikan nuansa yang sejuk berada di bawah rimbunya hutan mangrove. Suasana di pantai kaluku sangat tenang  dan masih sangat alami karena belum banyak orang yang tahu tentang tempat wisata ini. Namun tidak lama lagi tempat ini akan menjadi destinasi banyak wisatawan lokal maupun luar. Karena keindahan dari pantai kaluku sangat memikat dan sangat layak di kunjungi.

Ok, demikian yang bisa saya informasikan tentang Pantai Kaluku Donggala. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kemajuan pariwisata Indonesia, jangan lupa untuk like dan share ke teman-teman kalian, terima kasih.

Curug Cikaso Sukabumi Primadona Pecinta Alam

Petulangan ke Curug Cikaso Sukabumi Jawa Barat

Curug Cikaso Sukabumi Primadona Pecinta Alam.  Kota Sukabumi adalah sebuah kota yang banyak mempunyai destinasi wisata yang menarik dan bagus, jenis wisata yang paling banyak ada disana adalah jenis wisata alam  karena di Sukabumi memang pada dasarnya mempunyai keindahan alam yang luar biasa. Dan yang sekarang menjadi banyak perbincangan di kalangan para wisatawan adalah Curug Cikaso. Curug Cikaso sendiri adalah sebuah air terjun yang terdiri dari 3 titik aliran air terjun yang saling berdampingan pada satu tempat. Di bawah aliran air terjun curug cikaso ada sebuah kolam yang jernih dengan warna air yang kebiru-biruan.

Air Terjun Curug Cikaso Sukabumi
Air Terjun Curug Cikaso Sukabumi

Dua titik aliran air terjun dapat terlihat dengan sangat jelas namun satu titik lagi seperti tersembunyi. 3 titik air tejun di Curug Cikaso ini mempunyai nama loh. Titik ang sebelah kiri di berinama Curug Asepan, titik tengah di beri nama Curug Meong dan yang sebelah kana namanya adalah Curug Aki. Ketinggian dari ketiga titik air terjun ini kurang lebih adalah 80 meter dan tebingnya memiliki lebar kurang lebih 100 m.

Foto Curug Cikaso Sukabumi Jawa Barat
Foto Curug Cikaso Sukabumi Jawa Barat
Foto Landscape Curug Cikaso Sukabumi
Foto Landscape Curug Cikaso Sukabumi

Lokasi Curug Cikaso Sukabumi

Lokasi Curug Cikaso berada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat. Untuk bisa sampai ke lokasi wisata Curug Cikaso kalau dari kota Jakarta kurang lebih membutuhkan waktu 6 jam perjalanan. Tidak begitu lama lah, capek dalam perjalan akan hilang seketika sesudah kalian sampai di lokasi wisata Curug Cikaso. Air Terjung yang di kelilingi oleh tebing yang tinggi dan hutan yang sangat rindang, sejuk dan pesona keindahanya sangat istimewa sekali.

Petulangan ke Curug Cikaso Sukabumi Jawa Barat
Petulangan ke Curug Cikaso Sukabumi Jawa Barat

Saran kami jika kalian ingin berwisata ke tempat ini sebaiknya datanglah pada pagi hari saat matahari baru bersinar. Kalian akan bisa menikmati suasana pedesaan yang bagus dengan aktifitas warga sekitar yang akan ke sawah. Dan pemandangan saat akan menuju ke lokasi wisata juga terlihat memukau berkat sorotan sinar matahari di pagi hari.

Harga Tiket Wisata Curug Cikaso Sukabumi

– Mobil Rp 27.000/per mobil + uang parkir Rp 6.000
– Pejalan kaki Rp 3.000 per orang
– Biaya kebersihan Rp 2.000/ orang

Sewa lainnya
– Sewaan Perahu Rp 60.000/perahu kapasitas 10 penumpang
– Toilet Rp 2.000

Mitos Curug Cikaso Sukabumi

Setiap tempat wisata pasti punya mitos sendiri-sendiri dan ini adalah mitos Curug Cikaso, ceritanya Curug Cikaso ini adalah tempat bersemayamnya Nyai Blorong (pengunggu Curug Aseupan). Eyang Santang (penunggu Curug Meong), dan Prabu Siliwangi (penunggu Curug Aki). Dari mitos ini para para wisatawan diingatkan untuk hati-hati kalau sedang berenang. Dan selalu mematuhi penjelasan dan himbauan dari petugas jaga yang ada di Curug Cikaso ini. Tapi untuk masyarakat modern seperti itu bukanlah hal yang perlu di kawatirkan. Yang terpenting adalah kita menjaga tempat wisata agar selalu baik untuk jangka watku yang lama.