Wisata Air Terjun Coban Rondo Batu Malang

Posted on

Malang adalah surganya untuk wisata pada saat ini, berbagai jenis wisata di kota malang yang sudah terkenal adalah seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, BNS, Museum Angkut, memetik apel dan masih banyak wisata lain yang ada di Malang. Dan pada kali ini kami akan membahas tentang air terjun coban rondo yang tidak kalah bagusnya dengan jenis wisata modern lainya yang ada di malang.

foto air terjun coban rondo
foto air terjun coban rondo
air terjun coban rondo batu
air terjun coban rondo batu

Sebernarnya wisata air terjun coban rondo ini juga sudah sangat terkenal untuk wisatawan baik lokal dan juga untuk wisatawan mancanegara. Ketinggian air terjun coban rondo adalah 84m, dan 1.135 mdpl. Air yang mengalir di air terjun ini sumbernya dari mata air Cemoro Dudo yang lokasinya berada di lereng Gunung Kawi, aliran air ini debitnya kurang lebih adalah 150 liter/detik itu saat musim penghujan, namun pada saat kemarau turun menjadi 90 liter/detik.

Udara di sekitaran lokasi wisata coban rondo juga sangat sejuk sekali, dan saat angin meniup bercampur dengan butiran-butiran air lembut itu membuat hawanya semakin dingin. Soal keindahan alam di air terjun coban rondo tidak usah di ragukan lagi, tempat ini sangat bagus pemandangan alamnya. Tempat ini sangat ramai sekali oleh para wisatawan pada saat libur nasional. Dan tidak hanya wisatawan lokal saja yang ada di sini, banyak juga para wisatawan dari mancanegara yang datang.

Foto gambar wisata coban rondo malang gambar wisata coban rondo

Kisah legenga air terjun Coban Rondo Batu Malang

Coban rondo adalah sebuah air terjuan yang punya cerita legenda dari masyarakat sekitar, ceritaanya adalah seperti ini, pada zaman dahulu kala hubungan asmara andara sepasang pengantin baru yaitu Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusumsa dari Gunung Anjasmoro. Pada saat umur perkawinan mereka 36 hari atau selapan dalam hitungan jawa, Dewi Anjarwati membawa suaminya untuk bertemu dengan mertuanya yang ada di Gunung Anjasmoro. Karena memang budaya di sana pengantin tidak boleh meninggalkan rumah jika belum selapan usia perkawinan mereka.

Wisata Lainya:   Lokasi Kampung Warna Warni Malang Jodipan

Mereka akhirnya berjalan menuju Gunung Anjasmoro, namun di perjalan muncul orang yang bernama Joko Lelono dan dia terpesona oleh cantiknya Dewi Anjarwati. Karena itu Raden Baron meminta anak buarnya untuk menyembunyikan Dewi Anjarwati ke sebuaah Air Terjun (coban dalam bahasa jawa). Dan demi Dewi Anjarwati, Raden Baron dan Joko Lelono berperang namun pada akhirnya mereka berdua meninggal dunia. Dan akhirnya Dewi Anjarwatipun menjadi Janda (rondo). Maka dari kisah legenda itulah air terjun ini di beri nama “air terjun coban rondo”.

wisata air terjun coban rondo wana wisata coban rondo

Lokasi Air Terjun Coban Rondo Batu Malang

Alamat lokasi air terjun coban rondo berada di ds. Pandansari, Kec. Pujong , Malang Jawa Timur kurang lebihnya adalah 12 Km dari kota Batu. Jalanya bagus tidak ada rintangan yang berarti, kalian bisa menggunakan transportasi umum, kendaraan bermotor atau mobil pribadi.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Coban Rondo

  1. Harga tiket untuk wisatawan lokal adalah : Rp 8.000
  2. Harga tiket untuk wisatawan luar negeri : Rp 10.000

Fasilitas Kawasan Air Terjun Coban Rondo

  1. Hotel dan Penginapan

Jika kalian ingin mencari penginapan kalian harus mencari kurang lebih jaraknya 5-8 km dari lokasi wisata tepatnya di daera wisata Songgoriti. Harga penginapan di sana kurang lebihnya adalah Rp 50.000 sampai Rp 150.000 satu malam. Mungkin jika kalian mau lebih bagus bisa mencari hotel yang berada di Kota Batu, disana banyak sekali hotel, villa, dan penginapan kalian bisa memilih dengan bebas di sana.

  1. Tempat Makan
Wisata Lainya:   Wisata Idaman Gunung Bromo

Untuk tempat makan, di lokasi wisata coban rondo banyak sekali warung yang menyediakan menu makanan dengan harga yang relative murah. Kalian bisa menikmati jagung bakar, harganya adalah Rp 4.000.

  1. Kamar Mandi/Toilet

Fasilitas kamar mandi dan toilet sudah lengkap tidak usah khawatir dengan masalah ini.

  1. Tempat Parkir

Fasilitas tempat parkir di air tejun coban rondo sangatlah luas. Tarif parkir untu bus adaalah Rp 6.000, mobil Rp 4.000, dan sepeda motor Rp 3.000.

  1. Mushola

Mushola di lokasi wisata air terjun coban rondo juga sudah ada, jadi yang muslim bisa menunaikan ibadah sholat dengan nyaman di sana.

  1. Pusat Oleh-oleh

Di dekat lokasi wisata juga sudah banyak toko-toko yang menjual jajanan atau oleh-oleh yang bisa kalian bawa pulang untuk keluarga di rumah.

Saya sarankan jika kalian berwisata ke air terjun coban rondo jangan lupa untuk membawa pakaian hangat seperti jaket, karena lokasi wisata ini lumayan dingin. Oke, demikian saja yang bisa kami informasikan mengenai tempat Wisata Air Terjun Coban Rondo Batu Malang. Semoga yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk anda. Jangan kupa untuk like dan Share sosial media kalian supaya makin maju dan terkenal pariwisata Indonesia.