Wisata Danau Kelimutu Flores Nan Indah

Posted on

Wisata Danau kelimutu adalah salah satu bentuk keajaiban alam , banyak orang yang meyebut juga danau kelimutu dengan danau tiga warna, kenapa di sebut dengan danau kelimutu karena danau ini ini berada di gunung kelimutu yang ada di flores, tinggu gunung kelimutu sendiri adalah 1.639 dpl berada di kabupaten ende, NTT. Danau kelimutu dapat berubah warna dengan sendirinya tanpa bisa di prediksi, beberapa warna yang bisa muncul di danau itu adalah putih, ,merah, hijau dan coklat tua dan masih ada beberapa warna lainya, Danau kelimutu sendiri berada di kawasan taman nasional kelimutu.

Wisata Danau Kelimutu Flores Nan Indah

Warga sekitar mempercayai bahwa danau kelimutu adalah danau yang angker, dari sejarah di danau itu adalah tempat di kuburkanya para arwah yang meninggalkan dunia fana, dan ini adalah penyebutan beberapa tempat yang ada di danau kelimutu “Tiwu Ata Mbupu” yang berarti “danau jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal”, danau yang berada ditengah diberi nama danau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” yang berarti “danau untuk jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal” dan yang terletak di sebelah timur diberi nama “Tiwu Ata Polo” yang memiliki arti “danau untuk jiwa-jiwa yang ketika hidup selalu melakukan kejahatan”. Gimana lumayan serem kan?, tapi tidak masalah danau ini punya keindahan alam yang luar biasa.

Wisata Lainya:   Wisata Pantai Bwanna Sumba yang Indah Dan Mempesona
Warna hijau danau kelimutu flores ntt
Warna hijau danau kelimutu flores ntt

Luas danau kelimutu kuran lebih 1.051.000 meter, dari prediksi volume air di danau kelimutu adalah 1.292 juta meter kubik. Danau kelimutu di batasi dengan batu sempit yang sangat mudah sekali longor, dindingnya sangat terjal dengan kemiringan sekitar tujuh puluh derajat, ketinggian dinding batasnya adalah 50-150 meter lumayan tinggi juga.

Sunrise danau kelimutu keren
Sunrise danau kelimutu keren

Jalan ke danau kelimutu

Seringya pada wisatawan berangkat dari moni sangat pagi kira-kira jam 4.00 pagi. Karena mereka ingin melihat sunrise yang ada di puncak gunung kelimutu perjalan dari moni ke danau kurang lebih 30 menitan dan di lanjutkan dengan jalan kaki 15 menit melewati jalan setapak ke arah bibir danau. Moni adalah  kampung dimana para wisatawan bisa singgah sebelum meneruskan perjalanan ke lokasi wisata danau kelimutu, biasanya wisatawan yang ingin melihat sunrise karena mereka harus menginap. Penginapan di moni bervariatif dengan harga yang tidak mahal. Dan kami sarankan anda untuk membawa penerangan sendiri karena jalan kea rah danau kelimutu sangat gelap saat malam tidak ada lampu, dan juga jangan lupa membawa bekal minum karena jalanya bisa melelahkan, dan ada bau belerang jangan lupa bawa masker juga.

Wisata Lainya:   Tempat Wisata Terbaik dan Terpopuler di Labuan Bajo
posisi danau kelimutu di flores ntt
posisi danau kelimutu di flores ntt

Jika kalian berencana untuk tidak menginap di Moni, kalian bisa saja berangkat dari Ende kalau tidak Maumere, jarak tempuh darat dari Ende sekitar 1 Jam namun dari Maumere sekitar 2 jam perjalanan lewat jalan yang lumayan berliku dan curam. meski tidak berburu sunrise, baiknya kalian berangkat pagi-pagi dan sampai di danau Kelimutu sebelum jam 10 Pagi, karena setelah itu pemandangan akan tertutupi oleh kabut sehingga kalian tidak dapat melihat keindahan danau.

Kecapekan karena perjalanan panjang plus trekking sampai ke bibir kawah / Danau Kelimutu akan dibayar segera setelah wisatawan sampai  di puncak dan menikmati keindahan alam spektakuler yang pernah diabadikan lewat lembaran uang kertas Idonesia.