Wisata Hutan Mangrove Pik Jakarta Utara Yang Hijau

Posted on

Sebenarnya saya tidak percaya kalau di Jakarta itu masih wisata alam yang hijau asri, tapi ternyata saya salah. Ternyata masih ada, dan sekarang sangat ramai dan di kunjungi banyak wisatawan yaitu wisata hutan mangrove pik. Dan ini adalah kabar yang sangat bagus buat kalian yang tinggal di Jakarta, kalian tidak perlu pergi jauh untuk memberikan pemangan hijau pada mata anda. Kalian cukup datan saja ke taman wisata mangrove pik yang berlokasi di Jakarta Utara.

Wisata Hutan Mangrove Pik Jakarta Utara
Wisata Hutan Mangrove Pik Jakarta Utara

Hutan mangrove memang sangat penting sekali untuk menjaga kawasan pantai supaya tidak terjadi abrasi laut dan bisa juga untuk mencegah banjir di saat air laut mulai pasang. Pasti ada yang penasaran PIK itu apa?, PIK adalah pantai indah kapuk. Karena wisata hutan mangrove ini berada di kawasan patai indah kapuk Jakarta utara.

taman wisata alam angke kapuk - hutan mangrove
taman wisata alam angke kapuk – hutan mangrove
Wisata Hutan Mangrove Pik Jakarta Utara Yang Hijau
Wisata Hutan Mangrove Pik Jakarta Utara Yang Hijau

Di sekitaran hutan mangrove PIK ini sebenarnya ada juga hutan mangrove lainya seperti Suaka Margawasatwa Muara Angke yang di milik oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam DKI, namun suaka ini tidak di buka untuk wisatawan. Lalu ada hutan mangrove yang di kelola oleh Pemprove DKI. Terus ada lagi Taman Wisata Alam yang di miliki oleh Swasta yang berada di belakangnya Tzu Chi Center, taman ini di buka untuk wisatawan umum.

Suasana yang teduh dan asri sangat terasa sekali saat kita memasuki kawasan wisata alam mangrove pik ini walaupun cuaca di luar panas, kalian tahu sendiri kan lokasi wisata ini di Jakarta. Namun demikian kami sarankan kepada anda untuk membawa paying atau topi karena tidak semua kawasan wisata hutan mangrove pik ini tetutup rimbunya pohon bakau, ada juga beberapa lokasi yang tidak tertutup daun pohon bakau mangrove.

Wisata Lainya:   Daftar Objek Wisata di Jakarta yang Populer

Harga Tiket Masuk Wisata Hutan Mangrove PIK

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan bulan Mei 2016 kemarin harga tiket masuknya adalah Rp 25.000 itu tariff untuk wisatawan lokal. Biaya parkir mobil Rp10.000 dan untuk sepeda motor Rp 5.000. Selain jalan kaki melintasi jembatan yang ada di hutan mangrove, kalian juga bisa mengelilingi hutan mangrove dengan naik perahu. Harga sewa perahu adalah Rp 100.000 itu untuk perahu jenis kano atau kayak (perahu Dayung). Untuk perahu dengan mesin atau motor boat dengan daya tamping 6 orang adalah Rp 300.000 dan boat yang muat 8 orang biaya sewanya adalah Rp 400.000. Kami rasa itu cukup terjangkau.

penginapan hutan mangrove pantai indah kapuk
penginapan hutan mangrove pantai indah kapuk
Perahu Wisata Hutan Mangrove Pik Jakarta Utara
Perahu Wisata Hutan Mangrove Pik Jakarta Utara

Wisata hutan mangrove PIK ini sangat luas sekali, kami sarangkan jika kalian kesini naik dulu menara pandang, di menara itu kalian bisa mengamati kira-kira di spot mana yang bagus dan anda prioritaskan dulu untuk kalian kunjungi.

Untuk berkeliling hutan mangrove ini sudah di fasilitasi dengan jalan jembatan yang terbuat dari bambu. Jalan yang di tempuh lumayan panjang untuk melihat semua yang ada di hutan ini. Ada kawasan pengamatan burung, di kawasan ini kalian bisa melihat banyak burung dari atas menara yang ada disana. Lalu kalian bisa berjalan melewati pantai, disana ada beberapa rumah-rumahan kecil yang bisa kalian gunakan untuk istirahat sehabis berjalan-jalan di hutan mangrove ini.

Wisata Lainya:   Wisata Pulau Tidung Yang Istimewa

Fasilitas toilet juga sudah ada di sini, gratis pula kalian tidak perlu bayar dan juga lumayan bersih. Kalau kalian ingin menginap di sini juga ada ada penginapan-penginapan kecil yang mirip dengan tenda, dan ada juga Villa, ada juga villa yang berada di atas air laut.

Yang mungkin kurang mengenakan di wisata ini adalah, jika kalian membawa kamera DSLR, atau kamera saku kalian harus membayar Rp 1.500.000 kami juga bingung karena ini sangat mahal sekali. Kata teman saya itu karena tempat wisata ini sangat luar biasa indah dan biasanya di gunakan untuk foto professional majalah besar dan preweding, jadi kalau tidak pengin bayar mahal mending cukup bawa kamera dari HP saja. Dan juga kalian di larang untuk membawa makanan dan minuman dari luar.

Saran saya jika ingin berkunjung ke tempat wisata hutan mangrove pik waktu sore saja. Karena pada waktu sore selain udaranya adem juga pemandangan akan terlihat lebih bagus saat ada sunset. Ok, demikian saja, jangan lupa untuk like dan share. Maju terus pariwisata Indonesia.