Wisata Idaman Gunung Bromo

Posted on

Siapa yang tidak pernah mendengae Gunung Bromo, pasi kalian semua sudah pernah dengar atau mungkin banyak dari teman kalian sudah pernah pergi untuk berwisata di Gunung Bromo. Karena keindahan alam dan pemandangan sunrise nya yang sangat keren, gunung bromo banyak menarik wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Gunung bromo adalah bentuk dari ciptaan Tuhan yang punya karakter yang sangat indah sekali, lautan pasir, udara yang bersih dan segar dan tentunya sangat dingin. Karena itulah banyak orang penasaran ingin kesana merasakan, dan melihat secara langsung keindahan alam yang ada disana.

Landscape Puncak Gunung Bromo
Landscape Puncak Gunung Bromo

Pada saat kalian berada di puncak Gunung Bromo, mata kalian akan di suguhi dengan keindahn matahari sunset yang sangat luar biasa indah sekali. Wisata Gunung Bromo sendiri adalah salah satu dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dan perlu kalian ketahui juga bahwa Gunung Bromo ini adalah gunung api yang masih aktif, yang sekelilingya adalah hamparan lautan pasir dengan luas kurang lebih adalah 10 km2. Lokasi Gunung bromo berada di Propinsi Jawa Timur dan berada di perbatasan antara Kab Probolinggo, Kab Pasuruan, Kab Lumajang dan Kab Malang.

Kami juga perlu mengingatkan kalian untuk membawa jaket yang tebal karena di puncak gunung bromo suhu udara bisa mencapai 2 derajat celcius, bisa kalian bayangkan betapa dingin berada di puncak gunung tersebut, makanya kami sarankan untuk membawa jaket tebal. Atau jika kalian tidak membawa jaket maka nanti sewaktu akan naik ke puncak kalian akan di paksa untuk menyewa jaket dengan harga Rp 20.000. Saran dari kami juga bahwa timing yang tepat untuk pergi ke gunung bromo adalah pada bulan Juni sampai Dengan Oktober. Kenapa, karena pada bulan itu adalah sudah memasuki musim kemarau, jadi kalian punya peluang banyak untuk melihat langit gunung bromo dengan maksimal.

Sunrise Puncak Gunung Bromo
Sunrise Puncak Gunung Bromo

Jika anda berada di waktu yang tepat saat berada disana, kalian bisa menikmati dan menjelajah wisata gunung bromo dengan lebih bebas dan nyaman karena tidak terganggu oleh hujan. Namun dari data yang kami dapatkan bahwa pada bulan Juni sampai Oktober banyak sekali wisatawan yang datang kesana. Jadi mungkin akan sangat ramai di lokasi wisata nya.

Wisata Lainya:   Wisata Ranu Kumbolo, Penampilan Oase Di Gunung Mahameru Jawa Timur

Keindahan Wisata Gunung Bromo

Biar tidak penasaran dengan apa yang sebenarnya menarik hati banyak wisatawan datang kesana, kami akan memberikan beberpa bocoran pesona wisata gunung bromo kepada kalian. Disana ada kawah dengan diameter 600 meter yang sangat indah sekali dan mempesona. Di puncak penanjakan, adalah salah satu titik dimana anda bisa melihat sunset yang indah sekali. Itu bukanlah rumor karena memang banyak wisatawan disana yang mengakui keindahn sunset di lihat dari puncak penanjakan memang sangat indah sekali di Gunung Bromo.

Hamparan pasir yang luas seperti gurun, itu juga yang membuat banyak wisatawan sangat ingin kesana. Saat matahari mulai akan tenggelam, pemandangan di gurung pasir ini sangat indah dan terlihat berawarna jingga, itu sangat luar biasa indah sekali.

Aktifitas Wisata di Gunung Bromo

Setelah anda puas untuk melihat sunset mungkin kalian bisa mencoba untuk berkuda di atas hamparan pasir gunung bromo. Kalau males dan ingin santai anda bisa sewa jeep. Jika ingin menyewa jeep kalian bisa menghubungi Paguyuban Jeep Bromo . Mereka berada di dekat pintu masuk Taman Nasional Tengger Semeru.

Saat akan menyewa jeep kalian akan di tawarkan beberapa rute yang bisa kalian pilih. Harga menyesuaikan dengan rute yang kalian pilih. Di sekitaran lokasi wisata Gunung Bromo ada penduduk asli Suku Tengger, jika ada berada di waktu yang tepat saat ada Kasodo Festival ini adalah salah satu acara yang sangat menarik dan bagus untuk di lihat. Ini adala cara upacara adat untuk memohon berkat kepada Tuhan atas hasil pertanian mereka yang berlimpah dan mereka senantiasa di berikan kesetahan.

Perjalanan ke Wisata Gunung Bromo

Untuk menuju ke wisata gunung bromo anda bisa melewati beberapa rute perjalanan yang ada kami berikan di bawah ini.

  1. Rute Malang – Tumpang – Gubuk Klakah – Jemplang – Gunung Bromo, jarak perjalanan 53 km
  2. Rute Pasuruan – Warung Dowo – Tosari – Wonokitri – Gunung Bromo, jarak perjalanan 71 km
  3. Rute Malang – Purwodadi – Nongkojajar – Tosari – Wonokitri – Penanjakan, jarak perjalanan 83 km
Wisata Lainya:   Ragam Wisata Jawa Timur yang Layak Anda Kunjungi

Ada 3 pintu masuk untuk ke Gunung Bromo yaitu melewati Desa Cemorolawang itu jika kalian melewati rute perjalanan dari Probolinggo, Desa ngadas jika dari rute Malang, dan desa Burno jika dari Lumajang. Untuk itu kita harus pas untuk timingnya karena kita akan menyaksikan matahari terbit di puncak gunung bromo. Jika ingin fleksibel kita bisa menginap dulu di hotel yang ada di prigen, tretes atau bisa mencari homestay di cemorolawang, yang jaraknya lebih dekat dari gunung bromo.

Daftar Hotel dan Penginapan di Kawasan Wisata Gunung Bromo

di Kawasan gunung bromo banyak fasilitas yang memadai untuk para wisatawan dan juga banyak akomodasi yang bisa membantu. Banyak penginapan, hotel, restoran dan toko-toko souvenir. Hotel murah dan Guest House juga banyak. Jika kita ingin jarak tempuh yang tidak jauh dari puncak gunung bromo kalian bisa mencari penginapan yang adai di sekitaran cemorolawang. Karena desa Cemorolawang berada di lereng bawah.

Ok, demikian informasi yang bisa kami berikan tentang wisata gunung bromo, siapkan diri anda jika ingin ke sana, jaga kesehatan dan persiapkan alat-alat traveling anda. Terima kasih sudah berkungjung ke website ini.